PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) TIPE JIGSAW PADA MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

Charles Fransiscus Ambarita

Abstract


ABSTRAK

Mata kuliah Pengantar Akuntansi menuntut mahasiswa untuk dapat berpikir kritis, mempunyai keterampilan, dan memiliki daya nalar untuk menyusun dan menginterpretasikan laporan keuangan melalui siklus akuntansi. Dalam pelaksanaannya, mata kuliah Pengantar Akuntansi diselenggarakan pada semester awal perkuliahan yang berarti bahwa mata kuliah Pengantar Akuntansi ini merupakan dasar pengetahuan mahasiswa yang harus disampaikan secara utuh dan menyeluruh sehingga tujuan pembelajaran Pengantar Akuntansi yaitu mempersiapkan mahasiswa pada jenjang akuntansi lanjutan dapat tercapai. Untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran Pengantar Akuntansi tersebut, dosen membutuhkan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran yang efektif untuk mengakomodir pembelajaran mata kuliah Pengantar Akuntansi karena model pembelajaran ini dapat mengeksplorasi kemampuan kritis, keterampilan, daya nalar mahasiswa yang didasarkan atas kerja sama tim dan memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap diri sendiri ataupun kelompok serta mengasah kemampuan interaksi sosial mahasiswa dalam kelompok yang dirancang oleh dosen sehingga keberhasilan dalam proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

 

Kata kunci : Cooperative learning, jigsaw, pengantar akuntansi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i1.2898

Article Metrics

Abstract view : 1370 times
PDF - 367 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747