IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SDN 105400 MAROMBUN UJUNG JAWI

Usrek Sarwini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpidato siswa melalui model pembelajaran tutor sebaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar dengan rata-rata 28,6  hal tersebut menunjukkan siswa tidak belajar di rumah sebelum memulai pembelajaran di sekolah. Kemudian dilanjutkan KBM, diakhir siklus I dan siklus II dilakukan tes belajar sebagai formatif I dan formatif II. Nilai formatif I yaitu sebesar 14,28% dengan rata - rata 60,0 dan belum tuntas secara klasikal. Data nilai formatif II sebesar 85,7 % dengan rata-rata 77,1  menunjukkan tuntas secara individu dan kelas. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya.

Kata kunci: Model Tutor Sebaya, Hasil belajar



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i1.2905

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.