Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantau Prapat

Apiek Gandamana, Marisa Marisa

Abstract


Penelitian pengembangan didasari oleh permasalahan yang ditemukan di Sd Negeri 10 Rantauprapat. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah pada saat proses belajar mengajar berlangsung guru jarang menggunakan media pembelajaran video animasi. Adapun media yang digunakan yaitu media gambar yang dapat dibuat dengan menempelkan gambar di kertas karton.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, keperaktisan dan keefektifan media video animasi berbasis animaker. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) mengguakan model ADDIE.Pada aspek kelayakan media penilaian di lakukan oleh ahli media dan ahli materi. Pada aspek keperaktisan di lakukan oleh guru. Pada aspek keefektifan penggunaan tes dilakukan oleh siswa. Validasi ahli media diperoleh 83% “Sangat Layak”. Ahli materi tahap I 64% menjadi 90%  kategori “Sangat Layak” kepraktisan 96% dan espon siswa 93% media ini efektif. Pada uji coba memperoleh rata-rata 62 pada saat pretes dan mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media dengan rata-rata 89 pada saat post test, hasil belajar mengalami kenaikan sebesar 27%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis animaker di kelas 5 SDN 10 Rantauprapat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29585

Article Metrics

Abstract view : 524 times
PDF - 520 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.