PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE VISIT HOME DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI ERA COVID-19

Yusrizal Yusrizal, Syahrina Anisa Pulungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi 1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning menggunakan pendekatan visit home dibandingkan dengan pendekatan daring; 2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; dan 3) Interaksi antara model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di era pandemi. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060931 Kecamatan Medan Amplas. Populasi yaitu semua siswa SD Negeri 060931 dengan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 27 pada kelas V/a dan 27 orang siswa pada kelas V/b. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar matematika dan kuesioner motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova dengan taraf signifikan α sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran project based learning menggunakan pendekatan visit home dibandingkan dengan daring; 2) Hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa di era pandemi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29589

Article Metrics

Abstract view : 635 times
PDF - 514 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.