PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA TEMA 8 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 050745 P. BRANDAN T.A 2020/2021

Yuni Elfiani, Risma Sitohang

Abstract


Proses pembelajaran saat pandemi COVID-19 ini menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah kurangnya minat belajar siswa serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan saat pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis android pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SDN 050745 P. Brandan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono, adapun prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 050745 P. Brandan sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukaan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada tema 8 subtema 1 materi Lingkungan Tempat Tinggalku termasuk “Sangat Layak” dengan rincian nilai ratarata yang diberikan oleh ahli media 91%. Hasil validasi oleh ahli materi, memperoleh nilai rata-rata 98% kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis android Hasil uji coba pada siswa mendapat respon sebesar 82,2% yang termasuk dalam kategori “Sangat Praktis” sedangkan respon guru terhadap media mendapat nilai 86% yang termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Dan nilai post-test siswa mendapat persentase ketuntasan belajar sebesar 96% yang dikategorikan dalam kriteria sangat baik, jadi dapat dikatakan media pembelajaran interaktif berbasis android efektif. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android pada Tema 8 Subtema 1 Kelas IV SDN 050745 P. Brandan layak dan efektif digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.29762

Article Metrics

Abstract view : 330 times
PDF - 273 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.