PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS KOOPERATIF-STAD PADA MATA KULIAH PENJAS SD UNTUK MAHASISWA PGSD FIP UNIMED

Fajar Sidik Siregar, Arifin Siregar, Daitin Tarigan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui  kelayakan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif-STAD pada Mata Kuliah Penjas SD untuk Mahasiswa PGSD FIP UNIMED, dan (2) untuk mengetahui  respon mahasiswa terhadap Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif-STAD pada Mata Kuliah Penjas SD untuk Mahasiswa PGSD FIP UNIMED. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development and Dissemination). Lokasi pelaksanaan penelitian dilakukan di prodi PGSD FIP Unimed yang terletak di Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD Unimed stambuk 2020 berjumlah 225 mahasiswa yang terdiri dari 11 (A-K) kelas reguler dan ekstensi. Sampel  penelitian ini dilakukan secara acara kelas dan terpilihlah satu kelas yakni kelas F Reguler 2020 yang berjumlah 40 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar e-book berbasis Kooperatif-STAD pada mata kuliah Penjas SD yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media pada tahap I memperoleh hasil persentase kelayakan  sebesar 73,80% termasuk dalam kriteria “layak” dan pada tahap II memperoleh hasil persentase kelayakan sebesar 95,20% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Serta menurut validator ahli materi pada tahap I hasil persentase kelayakan sebesar 75,55% termasuk dalam kriteria “layak” dan pada tahap II memperoleh hasil persentase  kelayakan sebesar 92,22%. termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Pada tahap uji coba lapangan kriteria keefektifan tercapai dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 40 orang pada post-test atau sekitar 89,47%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-book berbasis Kooperatif-STAD pada mata kuliah Penjas SD untuk mahasiswa PGSD FIP UNIMED layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32681

Article Metrics

Abstract view : 384 times
PDF - 289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.