OPTIMALISASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS RENDAH PADA MAHASISWA PGSD FIP UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Masta Marselina Sembiring, Erlinda Simanungkalit, Dody F. P. Ambarita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk membuat Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Perkuliahan Daring yang memenuhi syarat (valid) sebagai  pembelajaran interaktif pada Kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. (2) Mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penggunaan Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Perkuliahan Daring pada mata kuliah Kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Metode penelitian  menggunakan metode research and development (R&D) dari metode penelitian R&D, dengan mengembangkan 10 langkah pengembangan Borg dan Gall. Lokasi pelaksanaan penelitian dilakukan di Lokasi pelaksanaan penelitian dilakukan di prodi PGSD FIP Unimed yang terletak di Jl. Willem Iskandar / Pasar V, Medan, Sumatera Utara.  Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD Unimed stambuk 2020 berjumlah 225 mahasiswa yang terdiri dari 11 (A-K) kelas reguler dan ekstensi. Sampel  penelitian ini dilakukan secara acak kelas dan terpilihlah satu kelas yakni kelas J Reguler 2020 yang berjumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perencanaan pembelajaran perkuliahan daring   memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata  yaitu 85,3% dari skor maksimal 100% dengan kriteria sangat layak. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba II sebesar 88%. b) Kualitas perangkat pembelajaran memenuhi kriteria baik berdasarkan skor rata-rata angket respon mahasiswa 95% dari maksimal 100%. c) kemampuan berpikir mahasiswa  mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata  pada uji coba I sebesar 41,3% meningkat sebesar 46,7% menjadi 88% pada uji coba II dan banyak mahasiswa yang tuntas pada uji coba I 13,4% meningkat sebesar 86,6% menjadi 100% pada uji coba II. Disimpulankan bahwa Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Perkuliahan Daring memenuhi syarat (valid) sebagai  pembelajaran interaktif pada Kuliah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah dan respon mahasiswa terhadap penggunaan Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Perkuliahan Daring mengalami peningkatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.32682

Article Metrics

Abstract view : 166 times
PDF - 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.