PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN 064033 KWALA BEKALA

Tesa Agresya Tambunan, Regina Sipayung, Jontra Jusat Pangaribuan, Darinda Sofia Tanjung

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 064033 Kwala Bekala. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen Pre-Experimental Design dengan memberikan pre-test, post-test. Pengambilan sampel boring sampling yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 064033 Kwala Bekala jumlahnya 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving sangat baik dengan nilai 80,71 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran gagal dengan nilai 42,99. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3.797 > 1,717. Dapat disimpulkan model Creative Problem Solving memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Abadi, N. T. & A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.

Baiti, A. N., &; Sutopo, & Kurniawati, I. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Pada Materi Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Umpan Balik (Feedback) Siswa Kelas Vii Smp Islam Diponegoro Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (Jpmm), 4(1), 23–33.

Ibrahim, M. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Dimensi Tiga. Jtam (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 2(2), 132–137.

Isnaeni, Dkk. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 131–142.

Khotib, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Pada Materi Bangun Datar Dengan Pendekatan Kontekstual. Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3), 119–126.

Kusumaningrum, Sellina Ayu & Pujiastuti, H. (2021). Analyzing Students’ Understanding Of Mathematical Concept About Two -Dimensional Figures At Grade Iii Of Elementary Schools In Serang.

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(5), 1142–1151.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 5(1), 14–25. Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V5i1.166

Muhamad Afandi, S.Pd., M.Pd Evi Chamalah, S.Pd., M.Pd Oktarina Puspita Wardani, S.Pd., M. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah (Pertama). Unissula Press.

Muin, A. & U. R. M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Moodle. Pyhagoras, 7(1), 73–82.

Purba, J. M. Dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas Iv. Esj (Elementary School Journal), 10(4), 216–224.

Purnamasari, M. Dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas Dan Volume Balok Dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah Smp Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI (Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika), 3(1), 45–52.

Rohman, A. N., & K., & Mulyadiprana, A. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar tentang Materi Unsur dan Sifat Bangun Datar Sederhana. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 106–118.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (pertama). Ar-Ruzz Media.

Tarigan, D. dkk. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDS Salsa Cinta Rakyat. ESJ (Elementary School Journal), 8(4), 242–252.

Tumiran. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (dalam kajian Aqidah Akhlak. Jurnal Ilmiah Al Hadi, 6(1), 86–94.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.35132

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.