PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Kiki Pratama Rajagukguk, Nurhamimah Rambe

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media interaktif berbasis Discovery Learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development mengacu pada model pengembangan Tessmer yang memiliki 4 tahapan : a) self evaluation b) expert review dan one to one c) small group dan d) field test. Evaluasi formatif  dengan  tiga  tahap,  yaitu  uji  coba ahli (expert review), evaluasi satu lawan satu (one to one evaluation), dan evaluasi kelompok kecil (small group evaluation). Metode analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD/MI di kecamatan Selesai.


Full Text:

PDF

References


Andri, Rogantina Meri. 2017. “Peran Dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Research Sains 3(1): 122–29.

Djamas, Djusmaini, Vonny Tinedi, and Yohandri. 2018. “Development of Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Skills.” International Journal of Information and Communication Technology Education 14(4): 66–84.

Evendy, Rachman, Sumarmi, and I Komang Astina. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual Pada Materi Kearifan Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 3(2): 271–77.

Fandini, Elma Ayu Nur, Siswandari Siswandari, and Kristiani Kristiani. 2021. “The Impact of Adobe Flash Media on Increasing Students’ Critical Thinking Ability.” International Journal of English Literature and Social Sciences 6(5): 045–048.

Hasanah, Nurul, Azrina Purba, and Kiki Pratama Rajagukguk. 2021. “The Development of LKPD Multimedia Using Problem-Based Learning Model to Improve Critical Thinking Ability of Elementary School Students.” Budapest International Research and Critics Institute -Journal (BIRCI-Journal) 4(3): 6813–20.

Hasanah, Nurul, Kiki Pratama Rajagukguk, and Insyirah Shafa. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris 3(1): 24–30.

Kiki Pratama. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif IPA Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris 3(1): 1–8.

Lee, Che-Di. 2014. “Worksheet Usage, Reading Achievement, Classes’ Lack of Readiness, and Science Achievement: A Cross-Country Comparison.” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology 2(2): 96–106.

Mansyur, Abd Rahim. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1(2): 113.

Manurung, Imelda Free Unita. 2021. “Penggunaan Mobile Application Berbasis Science Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa PGSD.” ESJ (Elementary School Journal) 11(2): 99–108.

Nahdatul Hazmi. 2019. “Tugas Guru Dan Proses Pembelajaran.” JOEAI (Journal of Education and Instruction) 2(2): 1–13.

Ninghardjanti, Patni, and Chairul Huda Atma Dirgatama. 2021. “Building Critical Thinking Skills Through a New Design Mobile-Based Interactive Learning Media Knowledge Framework.” International Journal of Interactive Mobile Technologies 15(17): 49–68.

Novianti, Yusda, Renni Ramadhani Lubis, Kiki Pratama Rajagukguk, and Nana Dipanda Franklin Togue. 2022. “The Advancement of Audio Visual Technology Based Educational Materials for Social Studies.” 10(1): 23–42.

Nurcahyo, Edi, Leo Agung S, and Djono Djono. 2018. “The Implementation of Discovery Learning Model with Scientific Learning Approach to Improve Students’ Critical Thinking in Learning History.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 5(3): 106.

Nurfadhillah, Septy, Dara Pertiwi, and Dewi Isnania Pratiwi. 2021. “Pengembangan Media Poster Dalam Pembelajaran IPA Kelas IVb SD Negeri Cikokol 3.” BINTANG : Jurnal Pendidikan dan Sains 3(2):13 –22.

Ragil Kurniawan, Muhammad. 2017. “Analisis Karakter Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Peserta Didik.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 3(1): 491–506.

Rajagukguk, Kiki Pratama. 2021. “Pengembangan Media E-Learning IPA Berbasis Tematik Integratif Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris 3(04): 1–8.

———. 2022. “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Tematik Integratif Berbasis Discovery Learning Untuk Guru Sekolah Dasar.” JPKM : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 3(1): 42–48.

Rajagukguk, Kiki Pratama, ELfi Lailan Syamita Lubis, and Linda Mustika. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa.” Jurnal Sintaksis 2(2): 1–10.

Rajagukguk, Kiki Pratama, Renni Ramadhani Lubis, Jihan Kirana, and Novi Sri Rahayu. 2021. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Model 4D Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) 2(1): 14–22.

Rambe, Titin, and Kiki Pratama Rajagukguk. 2021. “Development of Science Thematic Learning Media Discovery Learning Model Based on Science, Technology and Society (STM).” MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 13(2): 164–80.

Rozi, Fahrur. dkk. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Pendidikan IPA SD Kelas Tinggi Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNIMED.” ESJ (Elementary School Journal) 9(3): 200–209.

Syawaludin, Ahmad, Gunarhadi, and Peduk Rintayati. 2019. “Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning.” International Journal of Instruction 12(4): 331–44.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2): 103.

Utami, Danik Noor, and Nurfina Aznam. 2020. “Pengembangan LKPD IPA ‘Pesona Pantai Parangtris’ Berbasis Learning Cycle 7E Beserta Efeknya Terhadap Critical Thinking.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 6(1): 11–25.

Wahjudi, Eko. 2015. “Penerapan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ipa Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ix-I Di Smp Negeri 1 Kalianget.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 5(1): 1–16.

Widodo, Sigit. 2017. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Penggenangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumeda.” International Journal Pedagogy of Social Studies 1(2): 275.

Zahra, Fatimah Az’, Tunjungsari Sekaringtyas, and Uswatun HasanaH. 2021. “Pengembangan Poster Interaktif Berbasis Android Pada Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(2): 131–44.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.38261

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.