PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIID pada bidang studi Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dan mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas VIID pada bidang studi Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation di SMP Negeri 1 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Group Investigation yang dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Uji pretes ketuntas klasikal 37,5% dengan rata-rata nilai 62,6 meningkat menjadi 55,2% siswa tuntas secara klasikal dan rata-rata nilai 74,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 94,7% siswa lulus secara klasikal dengan rata-rata nilai 93,2.
Kata Kunci : Group Investigation, Kognitif, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i2.3965
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 354 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.