PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS VI SD NEGERI NO. 348 BANJAR AUR

Bisman Bisman

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa  dengan diterapkannya MetodePembelajaranScrambleselama kegiatan belajar mengajar.Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VI SD Negeri No. 348  Banjar Aur dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang.Hasil belajar siswa melalui penerapan metode PembelajaranScrambledapat menjadi lebih meningkat. Perolehan hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan tuntas individunya sebanyak 7 orang dengan rata-rata 69,55 atau persentase ketuntasan kelas sebesar 63,64%. Pada siklus II tuntas individu 10 orang dengan nilai rata-rata 78,64 dengan persentase ketuntasan kelas 90,91%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Data aktivitas belajar siswa menurut pengamatan pengamat juga semakin aktif,persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II diketahui : Memberi pendapat 50% menjadi 61,36%, menjawab pertanyaan 34,09% menjadi 63,64%, memberi pertanyaan 59,09% semakin rame pada siklus II menjadi 75%, menulis/mencatat 38,63%  menjadi 59,09%, menaruh minat 54,54% menjadi 84,09%.

 

Kata Kunci : Scramble, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i2.3967

Article Metrics

Abstract view : 409 times
PDF - 554 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.