PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 349 TANJUNG KAPA MANDAILING NATAL

Heddi Dongoran

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa  dengan diterapkannya metode pembelajaran diskusi selama kegiatan belajar mengajar. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelasV SD Negeri No. 349 Tanjung Kapa semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada kondisi awal diketahui hanya ada 1 orang siswa (9,09%) yang termotivasi sedangkan 10 atau (90,91%) orang lainnya belum termotivasi. Rata-rata nilai anket pada kondisi awal adalah 50,64. Pada siklus I  sebanyak 8 orang siswa (72,73%) telah termotivasi, sedangkan 3 orang siswa (27,27%) belum termotivasi, rata-rata capaian angket pada siklus I sebesar 64,00. Pada siklus II diketahui bahwa motivasi siswa dalam belajar matematika mengalami peningkatan, sebanyak 11 orang siswa (100%) telah termotivasi dengan capaian nilai angket rata-rata 70,00.

 

Kata Kunci : Diskusi, Motivasi belajar, Matematika


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i2.3969

Article Metrics

Abstract view : 258 times
PDF - 1289 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.