MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN PKN DI KELAS V SDN No.005 SIBARUANG

Anten Situmorang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Negeri 005 Sibaruang tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN No.005 Sibaruang dengan jumlah siswa 15 orang tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berdampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa hal ini ditandai, yaitu pada siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis/membaca yaitu 36% mengalami penurunan menjadi 25% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 22% meningkat menjadi 37%. Bertanya pada teman 12% meningkat menjadi 23%. Bertanya pada guru 13% menurun menjadi 10%. Yang tidak relepan dengan KBM 17% menurun menjadi 5%. Dari pretes diketahui hasil belajar rata-rata siswa 24 dengan nilai tertinggi 30 dan nilai terendah 10. Peningkatan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II  rata-rata 58,66 menjadi 85,3. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 26,66% dan pada siklus II sebesar 86,66%.

Kata kunci : Hasil Belajar, Contextual Teaching And Learning


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v4i2.3971

Article Metrics

Abstract view : 439 times
PDF - 1031 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot