MENINGKATKAN KEMAMPUAN BINA DIRI MENGENAL RAMBU LALU LINTAS BAGI ANAK TUNAGRHITA SEDANG MELALUI METODE DRIIL DI KELAS VI SDLB-C YPAC MEDAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode drill dan media yang bervariasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal lambang lalu lintas. Subjek penelitian adalah 11 orang siswa di kelas VI SDLB-C YPAC Medan. Pada waktu observasi hanya 2 orang siswa yang sudah mampu mengenal lambang lalu lintas. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa test dan observasi. Hasil observasi menunjukkan pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat menerapkan metode driil dalam pembelajaran bina diri dengan baik (sebanyak 45%) dan pada siklus II guru (peneliti) dapat menerapkan metode driil dalam pembelajaran bina diri dengan sangat baik (72%). Pada siklus I aktivitas siswa dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat dan dikategorikan baik.
Kata Kunci : Bina Diri, Metode Driil, Rambu Lalu LintasFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.4142
Article Metrics
Abstract view : 354 timesPDF - 441 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.