Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka

Gismina Tri Rahmayati, Andi Prastowo

Abstract


Adanya perubahan kurikulum menjadi Kurikulum Merdeka berdampak kepada guru dalam melaksanakan penerapan pembelajarannya salah satunya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial atau IPAS. Oleh karena itu guru harus mampu memahami perubahan kurikulum tersebut dan dapat menerapkan pembelajaran IPAS sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPAS kelas IV di SDN Pujokusuman.  Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian terletak di SDN Pujokusuman Yogyakarta. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu penerapan pembelajaran IPAS kelas IV melalui tiga proses tahapan kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.  

Keywords: Kurikulum Merdeka, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Abdurahman, Adi, Ghaida, S., Ruhyadi, S. A., & Binasdevi, M. (2022). Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas Tinggi MI/SD. AL-IBANAH, 7(2), 1–9. https://doi.org/ 10.54801/ibanah.v7i2.107.

Agustina, Saadah, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Anggraini, D. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum Di Indonesia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15–34. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Fembriani. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran IPA Dan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v3i02.661.

Fitriyah, Z. C., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Gunawan, I. G. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Ifrod. (2022). Capaian Pembelajaran IPAS SD MI Kurikulum Merdeka. NOM IFROD (blog). https://www.nomifrod.com/2022/03/capaian-pembelajaran-ipas-sd-mi.html.

Inayati, U. (2022). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(0), 293–304.

Jusuf, Heni, & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar : Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 5(2), 185–194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” Di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.

Marlina, T. (2022). Urgensi Dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67–72.

Martati, B. (2021). Penerapan Project Based Learning Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 1(1).

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Susilo, B. E. (2022). Konsep Desain Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. FMIPA UNNES (blog).

Winangun, I. M. A. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 11–20. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1388.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424

Article Metrics

Abstract view : 7972 times
PDF - 4530 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot