MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW KELAS V SD NEGERI 164518 KOTA TEBING TINGGI

Dameria Ompusunggu

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PKn melalui metode pembelajaran Jigsaw. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 164518 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif. Pembelajaran dengan metode Jigsaw pada materi  pelajaran PKn di kelas V SD  Negeri 164518 Kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu prasiklus (55,26%) siklus I (68,42%), siklus II (86,68%) dinyatakan berhasil.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Jigsaw, PKN

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i1.4146

Article Metrics

Abstract view : 270 times
PDF - 249 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot