IMPRECI: INOVASI MODEL PEMBIMBINGAN SEBAGAI UPAYA MENGHASILKAN CALON GURU REFLEKTIF DI SEKOLAH DASAR

Faisal Faisal, Masta Marselina Sembiring, Erlinda Simanungkalit, Edizal Hatmi, Stelly Martha Lova

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan inovasi pembimbingan dengan menggunakan model IMPRECI (Introduction, Modelling, Practice, Reflection, and Innovation) sebagai upaya menghasilkan calon guru reflektif di SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berkelanjutan dengan menggunakan pendekatan C-NAR (Collaborative Nested Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi, dan pendokumentasian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, lembar observasi, dan daftar centang dokumentasi. Data uji lapangan dianalisis dengan skor dan dijelaskan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemudahan penggunaan model IMPRECI menghasilkan nilai rata-rata 3.67 dengan kategori Sangat Praktis dan tingkat efektivitas pembimbingan menggunakan model IMPRECI dikategori Sangat Efektif.


Full Text:

PDF

References


Amir, A. (2013). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Melalui Model Lesson Study. Logaritma: Jurnal Ilmu -Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(2).

Budiman, H. (2017). Pengajaran Reflektif Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Matematika. PRISMA, 6(2), 132–143.

Faisal, F., Ananda, L. J., Lova, S. M., & Purnomo, T. W. (2020). Effective Approach Produces Reflective Teachers In Elementary School. Collaborative Nested Action Research (C-NAR).

Faisal, F., Ananda, L. J., Mansyur, A., Lova, S. M. (2022). IMPRECI: Model Pembimbingan Reflektif Di Sekolah Dasar. Pena Persada Kerta Utama.

Faisal, E. & L. S. (2019). The Development Of E-Learning Instruments-Based For Bahasa Indonesia’s Subject In Elementary School Education Undergraduate Program Of Universitas Negeri Medan. IC2RSE2019, 2, 430.

Farihah, F. & F. M. (2017). Learning Media Development Based On “Meme” As Efforts To Prevent Miscellanee Drug Abuse In Class VI Of Elementary School. In: International Conference On Technology And Vocational Teachers (ICTVT 2017) Atlantis Press.

Fitria, H & Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).

Gunawan, I., Alifiyah, I., & Evananda, F. (2017). Kompetensi Guru Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Reflektif Dengan Teknik Supervisi Pengajaran Penilaian Diri Sendiri. In Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 16, 249–258.

Hayanah, I. N. Dkk. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Menentukan Ide Pokok. ESJ (Elementary School Journal), 9(2), 142–152.

Pereira, F. (2011). In-service Teacher Education and Scholar Innovation: The Semantics of Action And Reflection on Action as A Mediation Device. Australian Journal of Teacher Education, 36(11).

Stevents, S. (2013). Reflective Teaching. In MEXT Workshop Materia. http://www.udel.edu/eli/MEXT/reflective-teaching.pdf

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suharna, H. (2018). Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Deepublish.

Tarigan, R. (2018). Pengaruh Model Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Siswa Di SDN 060856 Medan. ESJ (Elementary School Journal), 8(2), 1–11.

Zulfa, L. A. (2017). Problematika dalam Melakukan Tindakan Reflektif untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Indonesia. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 2(2), 120–129.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.41581

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.