Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Komik Strip Berbalon Kata Tidak Lengkap Bagi Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih kurangnya variasi pembelajaran yang dilaksanakan di kelas IV SD, sehingga dibutuhkan suatu media pembelajaran baru yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas penggunaan media berbasis komik berbalon kata tidak lengkap pada tema berbagai pekerjaan sebagai media pembelajaran di kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan prosedur Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Four-D Models) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu; Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis komik strip berbalon kata tidak lengkap pada tema berbagai pekerjaan di kelas IV yang valid dan praktis. Persentase rata-rata skor validitas materi 85%, validitas media 96% dan validitas bahasa 84%. Adapun untuk praktikalitas, persentase rata-rata skor dari peserta didik kelas IV SD sebesar 83% dengan predikat praktis dan persentase rata-rata skor dari guru kelas 96% dengan predikat sangat praktis.
Keywords: Komik strip, balon kata tidak lengkap, model 4D
Full Text:
PDFReferences
Anitah, S. (2018). Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Gava Media.
EduComics.org. (2019). Using Comic Strips to Teach.
Fachrurrazi, A. (2010). Pemanfaatan Dan Pengembangan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(11), 21–24. https://doi.org/10.36456/bp.vol6.no11.a1088.
Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Magdalena, I. dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://doi.org/ 10.36088/edisi.v3i2.1373.
Novitasari, N. F. (2020). Comic Strips in ELT: Revisiting “The When and How.” Journal GEEJ, 7(2), 269–282. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/geej.v7i2.1035.
Pramono, D. B. (2020). Developing a Digital Comic to Teach English for The Eleventh Grade Students of The State Senior High School 4 Merlung. Universitas Islam Negeri Sulthan Taha Saifuddin.
Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Promosi, 4(2), 1–7. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v4i2.631.
Purba, J. M. dkk. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. ESJ (Elementary School Journal), 10(4), 216–224. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23701.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran.
Stafford, T. (2011). Teaching Visual Literacy in the Primary Classroom. Routledge.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, R. (2018). Pengaruh Model Pemecahan Masalah Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Ipa Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia Siswa Di SDN 060856 Medan. ESJ (Elementary School Journal), 8(2), 1–11. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10344.
Teknologi.id. (2018). Tentang Game Zepeto, Cara Bermain dan Manfaat Zepeto.
Wallner, L. (2017). Framing Education. Linkoping University.
Yuliandari, S., & Yeni, F. (2020). Pengembangan Media Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Bermuatan Nilai-nilai Karakter Bagi Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Inovtech, 2(1). https://doi.org/10.24036/inovtech.v2i01.98.
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.43766
Article Metrics
Abstract view : 267 timesPDF - 298 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.