MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 107402 SAENTIS
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas V SD Negeri 107402 Saentis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 107402 Saentis yang berjumlah 33 orang. Data hasil observasi kegiatan guru pada Siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata rendah 58,30%, Siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata tinggi 73,61%, Siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata sangat tinggi 84,72%, Siklus II pertemuan 2 dengan rata-rata sangat tinggi 91,66%. Dari data observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 50%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 62,5%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 75,09%, dan Siklus II Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sangat tinggi dengan rata-rata 84,84%. Dari hasil data yang diperoleh dapat dilihat terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, sehingga disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V di Negeri 107402 Saentis.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, STAD
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4470
Article Metrics
Abstract view : 426 timesPDF - 306 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.