MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SDN 105309 SIBOLANGIT

Risma Sitohang

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan materi Perjuangan Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD di kelas V SDN 105309 Sibolangit T. A 2012/2013. Objek penelitian adalah siswa/i kelas V SD yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh pada kondisi awal rata – rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 23,94  dan pada Siklus I Pertemuan 1 sebesar 32,11. Pada Siklus I Pertemuan 2 diperoleh rata–rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 35,49. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh  rata–rata skor kreativitas belajar siswa sebesar 41,17 dan pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata – rata skor  kreativitas belajar siswa sebesar 52,63. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN105309 Sibolangit T. A 2012/2013.

 

Kata Kunci: Cooperative Learning, Kreativitas Belajar Siswa, STAD


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4472

Article Metrics

Abstract view : 186 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.