PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING PADA MATA PELAJARAN PENJASKES DALAM UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA IV SD NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran penjaskes melalui model pembelajaran inquiri training di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor T.P 2015/2016. Subjek penelitian yaitu siswa sebanyak 35 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan pada formatif I 8 orang siswa tuntas, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada formatif II tuntas secara individu sebanyak 32 orang siswa, sedangkan kelas tuntas dengan rata-rata siklus I dan II adalah 61,71 dan 80 serta persentase ketuntasan klasikal 22,85% pada siklus I dan 91,42% pada siklus II. Hasil observer pada siklus I antara lain: memperagakan (33%), mengerjakan LKS (21%), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (13%), dan yang tidak relevan dengan KBM (22%) dan data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II antara lain: memperagakan (35%), mengerjakan LKS (24%), bertanya sesama teman (17%), bertanya kepada guru (19%), dan yang tidak relevan dengan KBM (6%). Dengan demikian model pembelajaran inquiri training dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran penjaskes siswa.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Inquiri Training
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v5i2.4474
Article Metrics
Abstract view : 310 timesPDF - 274 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.