Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Cooperative Script Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Ammi Al-Habiby Telaumbanua, Abdurahman Adisaputera, Daulat Saragi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas bahan ajar berbasis Model Cooperative script pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas III SDN 014667 Air Genting, Kabupaten Asahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, validasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis sesuai dengan analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis Model Cooperative script: 1) Valid sesuai dengan penilaian ahli materi dan ahli media, 2) Praktis dengan kemudahan penggunaan sebesar 88,08%; serta 3) Efektif dengan ketuntasan belajar sebesar 96,67%. Disimpulkan bahwa, produk pengembangan berupa bahan ajar berbasis Model Cooperative script pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar telah memenuhi tiga kriteria kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif.

Keywords: Bahan ajar, cooperative script, sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Andriana, E., Rokmanah, S., & Qorina, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 5 Melalui Permainan Susun Huruf. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(3), 267-275. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i4.30027

Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azis, A. C. K., Winara, W., & Muslim, M. Bahan Ajar Dalam Bentuk E-Book Materi Seni Rupa Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Universitas Negeri Medan. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 12(3), 207-216. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.%20347707

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Altun, Mustafa (2022) The Effect of Language Learning Anxiety on English Oral Performance. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 9 (3). http://eprints.tiu.edu.iq/id/eprint/1125

Marselina, V., & Muhtadi, A. (2019). Pengembangan Buku Digital Interaktif Matematika pada Materi Geometri. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2). 196-207. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.26809

Namaziandost, Ehsan, Mina Homayouni, and Pegah Rahmani. (2020). The impact of cooperative learning approach on the development of EFL learners’ speaking fluency. Cogent Arts & Humanities. (7)1. https://doi.org/10.1080/23311983.2020.1780811

Panjaitan, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iiisdn 106162 Medan Estate. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 8(1), 127-131. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i1.10356

Pixyoriza. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Universitas Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5169

Rahmawati, Ilham, and Cicilia Melinda. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Script Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 3 (1), 1-8. https://doi.org/10.23917/jpis.v31i1.12559

Solikhatun, R & Widihastrini, F. (2018). The Development Of Interactive Flipbook-Formed Teaching Material To Improve The Of Grade 4 Students’social Science Learning Outcomes. Elementary School Teacher. 2 (2). https://doi.org/10.15294/est.v2i2.16802

Sugiyono. (2014). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Wibowo, Edi (2018) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.45220

Article Metrics

Abstract view : 285 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.