Analisis Reformasi Kurikulum terhadap Kualitas Pendidikan SD di Indonesia

Aah Siti Fatimah, Asep Herry Hernawan, Prihantini Prihantini

Abstract


Indonesia telah mengalami perubahan kurikulum dari semenjak kemerdekaan sebanyak 11 kali. Kurikulum di mulai dari Kurikulum 1947, Kurikulum 1952, Kurikulum 1964, Kurikulum 1968, Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994, Kurikulum 2004, Kurikukum 2006, Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat dan terakhir Kurikulum Merdeka 2022. Perubahan yang terjadi tentunya terdapat reformasi di dalamnya. Masing-masing reformasi kurikulum sesuai dengan kebutuhannya mengikuti perkembangan zaman dari awal kemerdekaan hingga saat ini memasuki masa era industri 5.0. Penelitian ini menggunakan metode Study Literatur Riview (SLR) dengan menggunakan referensi yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi kurikulum yang ada selama ini memberikan kontribusi terhadap kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

 

Keywords: Reformasi, Kurikulum, dan kualitas pendidikan


Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2019). Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.

https://doi.org/10.17509/md.v15i1.21650

Akhsan, M. A. (2020). Rendahnya Kualitas Pendidikan Indonesia. Media Mahasiswa Indonesia. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Anggraini, W., & Hudaidah, H. (2021). Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21. Journal on Education. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.363

Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Seminar Nasional Pendidikan. https://dx.doi.org/10.21831/jppm.v5i2.21925

Fathurrahman, L. (2017). Dampak Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Jurnal Valid. https://doi.org/10.35748/valid.v14i2.39

Fatimah, S., & Firza, F. (2021). Guru dan Kualitas Pendidikan di Indonesia Masa Kolonial dan Pasca Kemerdekaan. Diakronika. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/204

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Harahap, D. I., Siahaan, A., & Wijaya, C. (2019). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Swasta Shafiyyatul Amaliyyah. At-Tazakki.

https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1223

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Hernawan, A. H, (2023) Modul Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran UT

Hidayati, N. (2022). Reformasi Pendidikan Islam pada Awal Abad ke-20. AL-RISALAH. https://jurnal.stairakha-amuntai.ac.id/index.php/alris/article/view/231

Kusuma. (2021). Problematika Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Era Society 5.0. Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami.” http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/7874/1697

Lase, Wijaya Indah, D. I. K. (2023). School education journal pgsd fip unimed. 13(1). https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v12i3.38859

Mu’in, J. A. (2021). Pendidikan Mewujudkan Generasi Berkarakter. Journal Of Elementary School Education (JOuESE). https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1328

Nazri, E., Azmar, A., & Neliwati, N. (2022). Komponen-komponen Kurikulum Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1289–1298. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2160

Noor, M. (2020). Biaya dan Kualitas Pendidikan. UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan ]Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya. Jurnal Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Raharjo, R. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 63. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44901

Sa’adah, M. (2020). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25273

Said, O. F. M., Taff, M. A. M., Hashim, A., Zakaria, J., Yasim, M. M., Shafie, M. S., & Johanis, N. J. (2020). Validity and Reliability of Model Competency Instrument of Outdoor Education Co-Curriculum Center in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v10-i5/7170

Sambo, M. (2022). Membenahi Kualitas Pendidikan Kita. Media Indonesia.

Siregar, E. S. (2021). Dampak Reformasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Guru Kita. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.28403

Susanti, N. (2020). Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Al-Kahfi : Jurnal Pendidikan Agama Islam. http://dx.doi.org/10.35316/edupedia.v7i2.2513

Susilana, R., Hernawan, A. H., Hadiapurwa, A., Syafitri, N. K., Halimah, L., & Nugraha, H. (2023). Pembinaan Pengembangan Kurikulum Merdeka Berbasis Best Practices Program Sekolah Penggerak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 29(1), 13–18.

https://doi.org/10.24114/jpkm.v29i1.39161

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192–204. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2290

Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). PENGARUH REFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA TEHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Darma Agung. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748

Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Rejang Lebong. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.243




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i3.46636

Article Metrics

Abstract view : 112 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.