Pengembangan Buku Digital “BERKAT SALAM” (Belajar Zakat Dalam Islam) Pada Pembelajaran PAI Kelas 5 SD

Aulia Khairunnisa Supardi, Rizka Muthia Shofariyyah, Virda Widia Putri, Ani Nur Aeni

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh buku digital interaktif pada pembelajaran zakat siswa SD kelas 5 yang dikembangkan dengan menggunakan jenis penelitian D&D (Design and Development) dan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dengan cara uji coba produk secara langsung terhadap siswa kelas 5 SDN Panyingkiran 2 yang bertempatkan di Jl. Panyingkiran No. 55 - 59 Situ Kec. Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45621. Hasil dari penelitian yang dilakukan memperlihatkan bahwa buku digital interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan dari sampel yang diteliti. Buku digital yang dibuat juga dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan dan siswa lebih tertarik untuk berinteraksi dengan baik ketika pembelajaran sedang berlangsung.

Keywords : Zakat, Islam, dan Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E–Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214-1222.

Aeni, A. N., Marhamah, A. A., Yasmin, E. A., & Ambunsuri, P. A. (2023). Pemanfaatan Linktree Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Meningkatkan Pemahaman Zakat Bagi Siswa Kelas 6 SD. Journal on Education, 5(4), 15249-15260.

Aeni, A. N., Patmawati, P., Rizqiana, R. N., & Aulia, S. R. (2023). Penggunaan E-Book MARKIZA (Mari Kita Zakat) sebagai Media Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4340-4350.

Afifah, N., & Suhery, T. (2021, December). Pengembangan Instrumen Validasi untuk Expert Review Tentang Substansi Berbasis STEM. In Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021 (Vol. 1, No. 1).

Ahmad, S. A., Sriwahyuni, W., Aeni, A. N., & Mutmainnah, A. (2023). Pengembangan BANGDZAMAL sebagai Media Pembelajaran Digital PAI Kelas VI SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 690-703.

Alamsyah, N., Ahmad, I. I., Susilawati, A., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan E-Book Interaktif" Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin" Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak SD Kelas 6. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 1249-1272.

Aprillia, M., Subagio, P. R., Pembayun, S., & Aeni, A. N. (2023). Penggunaan Video Animasi Powtoon Untuk Menteladani SHATAFAT (sidiq, amanah, tabligh, fathonah) Bagi Peserta didik SD. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 3(4), 141-149.

Bachmid, G. (2012). Perilaku muzakki dalam membayar zakat mal (Studi fenomenologi pengalaman muzakki di Kota Kendari). Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(2), 425-436.

Batubara, A., & Firduansyah, D. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR STKIP PGRI LUBUKLINGGAU. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 261-270.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.

Fitriani, A. A., Purnamasari, L., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan E-Book Interaktif Penyajur untuk Menumbuhkan Sikap Jujur bagi Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4272-4279.

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan budaya membaca siswa melalui literasi digital dalam pembelajaran dan program literasi sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987-4998.

Makdis, N. (2020). Penggunaan e-book pada era digital. Al Maktabah, 19(1).

Nasution, N. H., Siregar, A., & Rangkuti, I. (2019). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN DITERAPKANNYA METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 060910 MEDAN DENAI. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL, 9(1).

Nawangwulan, M. D., Anggraeni, R. N., Aeni, A. N., & Bahiyyah, K. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin dalam Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10884-10890.

Nugroho, A. S., & Mawardi, M. (2021). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggungjawab dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 808-817.

Permatasari, A. D., Iftitah, K. N., Sugiarti, Y., & Anwas, E. O. M. (2022). Peningkatan literasi indonesia melalui buku elektronik. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 261-282.

Permatasari, Anggraeni Dian, Khofifa Najma Iftitah, Yuni Sugiarti, and Ence Oos Mukhamad Anwas. "Peningkatan literasi indonesia melalui buku elektronik." Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan 10, no. 2 (2022): 261-282.

Ruddamayanti, R. (2019, March). Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1968-1977.

Siregar, F. S., Siregar, A., & Tarigan, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Kooperatif-Stad Pada Mata Kuliah Penjas Sd Untuk Mahasiswa Pgsd Fip Unimed. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(4), 344.

Yasa, A. D., Kumala, F. N., bin Pandak, A. S., & Raharja, A. S. (2022). Pengembangan Buku Digital Berbasis Inkuiri Pada Muatan IPA Materi Listrik Di SDN Kota Malang. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 510-518.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.57170

Article Metrics

Abstract view : 82 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.