Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Strategi Pembelajaran Scaffolding Guna Mewujudkan Pembelajaran Yang Berpihak Kepada Peserta Didik Kelas V Di SDN Kepatihan 05 Jember

Gilang Eko Setyo Suharjono, Dyte Meining Tyas, Ahmad Zainuri, Dinawati Trapsilasiwi, Nurul Mahmudah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS melalui strategi pembelajaran scaffolding guna mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 peserta didik kelas V SDN Kepatihan 05 Jember. Jenis penelitian ini yaitu PTK dengan empat prosedur yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, mengamati, dan analisis serta refleksi. Teknik pengumpulan data kualitatif diambil dari observasi dan dokumentasi. Data kuantitatif diambil dari tes peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar peserta didik. Pada siklus 1 pembelajaran IPAS sebanyak 21 peserta didik yang tuntas dengan nilai KKM 70 yang memiliki persentase ketuntasan klasikal 81%. Pada siklus 2 dilakukan tindakan sebanyak 24 peserta didik yang tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan KKM 70. Hal ini menyatakan bahwa penerapan strategi  pembelajaran scaffolding dapat menciptakan pembelajaran yang berpihak bagi peserta didik melalui adanya peningkatan dari hasil belajar IPAS.

Keywords: Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Scaffolding, IPAS

 


Full Text:

PDF

References


Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133-1142.

Astarini, M. H. & Erawati, N. K. (2023). Penerapan Scaffolding sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. JPM” Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103-109.

Astuti, D. P., Rasmiwetti & Abdullah. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-8.

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 233-242.

Dewi, R. K. (2021). Analisis Karakteristik Siswa untuk Mencapai Pembelajaran yang Bermakna. Education Journal: Journal Education Research and Development, 5(2), 255-262.

Efendi, P. M., Muhtar, T. & Herlambang Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis dalam Pesrspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia. 6(2), 548-561.

Ekawati, E., Maulana, A., Ali, A., Ibrahim, M. M., Taufiq, A. U., Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Istiana, R., & Titin, T. (2021). Inovasi Lembar Kerja Berbasis Vee Mapping Pada Pendidikan Biologi Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 119–125.

Fajriani, R. W., Naswir, M., dan Harizon. (2021). Pemberian Scaffolding dalam Bahan Belajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi Siswa. Pendipa Journal of Science Education, 5(1), 108-114.

Hairunisa, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning pada Materi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Sumber Agung Kecamatan Bengkunat Kabupaten Pesisir Barat. Unisan Journal: Journal Manajemen & Pendidikan, 2(7), 1-10.

Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., & Sarumaha, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 13-26.

Hayanah, I. N., Nisa, G., Safitri S. E., Aulia, S. C., Isnaeni, W., & Ellianawati. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Berbasis Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Menentukan Ide Pokok. Elementary School Journal, 9(2), 142-152

Irwansyah. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Kooperatif Think, Pair, Share (TPS) Pada Siswa Kelas IV SDN 010214 Tanah Merah. ESJ, 5(2), 118-125.

Masyhud, M. S. (2021). Metodologi Penelitian Guruan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Keguruan (LPMPK).

Mbut, K., Ramadhana R., Hadi A., & Saputra A. (2022). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP YP PGRI 4 Makassar. Aritmatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika STKIP YPUP Makassar, 3(2), 19-26.

Rahmawati, A., & Hanifah, H. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Pendipa Journal Of Science Education, 5(2): 251-255.

Sempurna. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penenrapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 040475 JandiMeriah. ESJ, 5(1), 143-154.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Ed. rev, cet. 6. Bandung: Tarsito.

Suryaningsih, S. & Nurlita R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi). 2(7), 1256-1268.

Wood, D., Bruner, J. S. & Ross, G. 1976. The Role of Tutoring in Problem Solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines, 17(2), 89-100.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.57439

Article Metrics

Abstract view : 106 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.