Strategi Guided Note Taking (GNT) Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD

Ika Novianti, Setya Yuwana Sudikan, Hendratno Hendratno

Abstract


Strategi guided note taking berbantuan media wordwall adalah strategi belajar yang dapat digunakan untuk kegiatan menulis dengan didukung pengolahan huruf dan kata melalui permainan berbasis digital yang diaplikasikan pada media wordwall. Dengan bermain, anak-anak dapat berkembang secara optimal. Salah satu bukti pentingnya bermain terhadap pembelajaran pada anak adalah memiliki lingkungan belajar di mana anak-anak dapat secara efektif bermain dan belajar. Selain itu strategi guided note taking memiliki langkah-langkah yang sederhana dalam penerapannya sehingga cocok digunakan untuk kegiatan pembelajaran di kelas rendah pada hampir semua materi pelajaran. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif menggunakan literatur review atau studi kepustakaan. Teknik analisis datanya diperoleh dari literatur bacaan yang terkait dengan objek penelitian. Hasil penulisan artikel ini menyimpulkan bahwa strategi Guided Note Taking  berbantuan media wordwall dapat diterapkan dalam kegiatan menulis permulaan pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar.

 

Keywords: Strategi, menulis, digital.


Full Text:

PDF

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Azis, M. Q., Sukartiningsi, W., & Subrata, H. (2023). Literature Review: Storybook Media Improves Reading Understanding of Montessori Theory for Class V Elementary School. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 177–187. https://doi.org/10.30997/dt.v10i2.10840

Budiman. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Menulis di SD. Universitas Muhammadiah Purwokerto.

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Didik, P. (2020). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2 , Oktober 2020 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2 , Oktober 2020. 9(2).

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Fatimah, & Sari, R. D. K. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Journal of Student Research, 1(1), 202–214. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.980

Harsanti, D. W., & Lathifah, R. M. (2023). Pengaruh Penerapan Media Wordwall Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023, 125–132.

Harun, S. (2021). Pembelajaran Di Era 5.0. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” 2021, November, 265–276.

Hendratno, Yasin, F. N., Damayanti, M. I., Subrata, H., & Istiq’faroh, N. (2023). Field Trip Learning Method to Improve the Ability of Writing Descriptive Paragraph in Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 7(4), 594–607. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/63220

Julia, I. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Media Gambar Tunggal pada Siswa Kelas IIA SD Negeri Bangunjiwo. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 32).

Juniarti, Y. (2017). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593

Mariana, N., Metalin, A., Puspita, I., & Muhimmah, H. A. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Etnopedagogi bagi Guru Sekolah Dasar. SABDAMAS (Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat), (=), 101–111.

Mutia. (2021). Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, 3(Nomor 1), 7823–7830.

Nasir, N., Nurhaedah, & Suarlin. (2022). Penerapan Metode Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar. Pinisi Joumal of Education , 2(6), 62–80.

Ningsih, S. (2008). Peningkatan Keterampilan Ber bicara melalui Metode Berverita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowati. Jurnal Keeatif Tadulako, 2(4), 282.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Putri, D. P., Kurniaman, O., & Hermita, N. (2021). Perbandingan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 004 Batu Ampar Berdasarkan Siswa Tamatan TK dan Tidak Tamatan TK. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 4(1), 17. https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11510

Putro, K. Z., & Janani, K. (2022). Bunayya: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) pada Anak Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(4), 316–327. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Suhadha, D. H., & Suhartono, K. C. S. (2017). Penerapan Model Guided Note Taking (Gnt) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 2 Depokrejo Tahun Ajaran 2016/2017 Diaz. Neuropsychology, 3(8), 85–102. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html

Sukartiningsih, W. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar Melalui Media Kata Bergambar. Pendidikan Dasar, 5(1), 51–60.

Yunus, S. dan. (2020). Menulis pada Anak Usia Kelas IV Sekolah Dasar Anak. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 9–38.

Yuwana, S., & Sodiq, S. (2023). Designing Digital Student Workbook to Enhance Oral Communication Skills in Learning Indonesian language for Foreign Students (BIPA). 106, 300–320. https://doi.org/0.14689/ejer.2023.106.018

Zainab, I., Jaya, G. B., & Artini, L. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Melalui Whatsapp Diary Writing. 1, 60–68.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i1.57512

Article Metrics

Abstract view : 71 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.