Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 20 Limo Balai Ampek Angkek Agam

Ninna Fitria, Mansurdin Mansurdin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 20 Limo Balai berjumlah 14 orang. Hasil penelitian menunjukkan Perencanaan siklus I memperoleh nilai 79.16% dengan kualifikasi cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 95.83% dengan kualifikasi sangat baik (SB), pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh nilai 79.69% dengan kualifikasi cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96.87% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik, siklus I memperoleh nilai 79.69% dengan kualifikasi cukup (C) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96.87% dengan kualifikasi sangat baik (SB), hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh nilai 82.83% dengan tingkat keberhasilan cukup (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86% dengan tingkat keberhasilan baik (B). Dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar peserta wdidik. 

Keywords: HasilBelajar,ModelPembelajaranKooperatifTipeSTAD


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2013). Tata Kelola Pembelajaran. Jurnal Eklektika , Hal 196 Vol 1 No 2.

Alnedral. (2016). Strategi Pembelajaran Jasmani Olahraga Kesehatan. Jakarta: Kencana.

E, D. W., I., & Ika, D. (Mei 2008). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) , Hal 19 Vol 4 No 1.

Hamalik, Oemar.(2012).Kurikulum dan Pembelajran.Jakarta.Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar.(2008).Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan Instrumen Penilain Hasil Belajar Peserta didik Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro , Hal 38 Vol 1 No 1.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Pesesta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarni. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur.(2010).Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta.Bumi Aksara.

Ngalimun.(2017).Strategi Pendidikan.Yogyakarta.Prama Ilmu.

Nurhayati, A. (2016).Prinsip dan Tujuan Penilaian Tindakan Kelas. Hal 10 Vol V No 1.

Pane, A,. & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajara. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , Hal 350 Vol 3 No 2.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. (2008). Cooperatif Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufik, Taufina dan Muhammadi. 2012. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto.2014.Mendesain Mdoel Pembelajaran Invatif, Progresif, Dan Kontekstual.Jakarta.Preandamedia Group.

Uno, H. B., Lamatenggo, N., & Koni, S. M. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yusuf,Muri. (2007). Metodologi Penelitian. Padang. UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.58078

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.