MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI NO 055999 KW. BINGAI

Ramiah Ramiah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia dan untuk menerapkan metode bermain peran dengan model Cooperative Learning untuk meningkatkan hasil belajar pengambilan keputusan bersama siswa kelas V  SD Negeri No 055999 Psr. X Kwala Bingai Kec. Stabat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5B yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian diperoleh melalui model pembelajaran cooperative learning dan metode bermain peran. Dengan hasil penelitian dipandang cukup. Hal ini terbukti adanya peningkatan hasil belajar atau hasil evaluasi nilai rata – rata sudah diatas KKM yaitu 85 dan tingkat ketuntasan 95%.

 

Kata Kunci: Cooperatif Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Pengambilan keputusan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i1.5903

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.