PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS VI SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN

Paridah Paridah

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya di Kelas VI SD Negeri 101801 Kedai Durian.Bentuk penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas). Tindakan yang dilakukan terdiri dari dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu planning, acting, observing, dan reflecting.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi dan perubahannya di Kelas VI SD Negeri 101801 Kedai Durian tahun ajaran 2015-2016.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i1.5925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747