UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI METODE TUTOR SEBAYA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 163081 TEBING TINGGI

Sadauhur Sipayung

Abstract


ABSTRAK

Metode Tutor Sebaya merupakan salah satu pembelajaran teman atau tutor sebaya yang terpusat pada siswa, dalam hal ini siswa belajar dari siswa lain yang memiliki status umur, kematangan atau harga diri yang tidak jauh berbeda dari dirinya sendiri. Melalui metode ini siswa di ajak secara langsung ke dalam proses melalui latihan-latihan dengan menekankan partisipasi aktif, menjalin kerjasama yang baik, menghargai pendapat orang lain dan bersemangat dalam proses belajar. Pembelajaran tutor sebaya di SD Negeri 163081 ini untuk meningkatkan kualitas,efisian dan efektivitas pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, Tutor Sebaya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i1.5931

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 215 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.