KEGIATAN MENTORING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PROFESI PENDIDIKAN

Elvi Mailani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD FIP UNIMED pada mata kuliah profesi pendidikan melalui kegiatan mentoring (pendampingan). Metode pada penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa pada saat pratindakan ketuntasan klasikal 29,7% dengan rata-rata 77,7, pada siklus I mengalami peningkatan hasil ketuntasan klasikal belajar mahasiswa yang menjadi 6,79% dengan rata-rata 82,8 dan meningkat lagi menjadi 89,1% dengan rata-rata 86 pada siklus II. Berdasarkan dari keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan kegiatan mentoring (pendampingan) dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah profesi pendidikan.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Profesi Pendidikan, Mentoring


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5970

Article Metrics

Abstract view : 363 times
PDF - 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.