UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS III SD NEGERI NO. 056591 SIDOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa dengan model koperatif tipe STAD di kelas III SD Negeri No. 056591 Sidorejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri No. 056591 Sidorejo berjumlah 15 orang. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa; 1) Dengan model STAD, hasil belajar siswa meningkat yaitu siklus I terdapat 8 siswa yang tuntas secara individu tetapi kelas belum tuntas sedangkan pada siklus II terdapat 13 siswa yang tuntas secara individu dan tuntas secara kelas; 2) Terjadi peningkatan rata-rata aktivitas belajar, yaitu aktivitas mengerjakan LAS dari 27% menjadi 38% dan bertanya pada teman dari 11% menjadi 24%, sedangkan aktivitas yang menurun adalah menulis/ membaca dari 39% menjadi 27%, aktivitas aktivitas bertanya pada guru dari 13% menjadi 9% dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM dari 11% menjadi 3%.
Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5973
Article Metrics
Abstract view : 385 timesPDF - 298 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.