PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI

Ulungen Br Ginting

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi globalisasi dengan menggunakan metode Inkuiri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 165737 Kota Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016, berjumlah 23 orang. Dari hasil test pada siklus I terdapat 7 siswa dari 23 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 30,43% atau termasuk kategori rendah. Pada siklus II terdapat 13 siswa dari 23 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 56,52% atau termasuk kategori rendah. Pada siklus III terdapat 19 siswa dari 23 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar dengan ketuntasan klasikal 82,61% atau setara dengan kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa dengan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi di kelas IV SD Negeri 165737 Tahun Ajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Penerapan Metode Inkuiri, Aktivitas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5976

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 232 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.