UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DI KELAS IV SD NEGERI 040460 BERASTAGI

Rosmawati Br. Tarigan

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040460 Berastagi dengan jumlah siswa sebanyak 51 orang. Adapun hasil penelitian yakni : 1) Data aktivitas siswa pada Siklus I dan II antara lain: menulis, membaca mengalami penurunan dari 40% menjadi 33%, aktivitas mengerjakan LKS mengalami peningkatan dari 32% menjadi 41%, sementara aktivitas bertanya pada teman mengalami peningkatan dari 5% menjadi 18%, Aktivitas bertanya pada guru menurun dari 18% menjadi 5%, Aktivitas yang tidak relevan dengan KBM turun dari 8% menjadi 3% yang menandakan perbaikan aktivitas belajar siswa. Dengan model pembelajaran TPS, aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada Formatif I menunjukkan 26 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas secara individu sebanyak 44 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 70,6 dan 83,1 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 52,9% pada siklus I dan 86,2% pada siklus II.

Kata Kunci : Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Aktivitas Belajar, Hasil
Belajar Siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v6i2.5981

Article Metrics

Abstract view : 268 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.