PENGARUH DAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MEMAKSIMALISASI STAKEHOLDER DI SMA PLUS AL-AZHAR

Nasrun Nasrun

Abstract


ABSTRAK

Dalam upaya proses peningkatan kinerja mengajar guru dapat dilakukan melalui peningkatan kepemimpinan kepala sekolah terhadap maksimalisasi kerjasama sekolah dengan stakeholder. Kinerja guru tentunya akan menunjang keberlansungan kerjasama yang akan dihasilkan dari kesepakatan yang telah dipimpin oleh kepala sekolah.Dengan demikian dibutuhkannya penelitian yang bertujuan: (a) untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja sekolah, dan kinerja guru dalam memaksimalisasi stakeholder (b) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Penelitian ini diberlakukan berdasarkan hasil observasi pada SMA Plus Al Azhar yang meliputi dimensi kepribadian, kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan berkomunikasi, memberi  motivasi dan pendelegasian wewenang memberikan pengaruh cukup terhadap kinerja guru dalam mengambil peran terhadap kerjasama dengan stakeholder.  Iklim kerja sekolah mempunyai hubungan yang cukup berpengaruh terhadap kinerja guru terhadap keberlangsungan kerjasama yang dilakukan. Kinerja mengajar guru berada pada kategori cukup baik. Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh  positif terhadap kinerja guru tetapi kurang cukup memotivasi kinerja guru dalam kegiatan yang berlangsung terhadap maksimalisasi peran guru terhadap kegiatan yang dilakukan oleh stakeholder dalam system administratif sekolah.

 

Kata kunci:  Kinerja guru, kepemimpinan kepala sekolah, stakeholder


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5984

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747