METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS I-B SD NEGERI NO. 105300 SUKA MAKMUR KEC. DELITUA

maria beru barus

Abstract


ABSTRAK

Salah satu mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah Dasar adalah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam kaitannya dengan pembentukan warga negara Indonesia yang demokratis dan bertanggung jawab, mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki peranan yang strategis dan penting, yaitu dalam membentuk pribadi peserta didik maupun sikap dalam berperilaku keseharian, sehingga diharapkan setiap individu mampu menjadi pribadi yang baik. Melalui mata pelajaran PKn ini, diharapkan peserta didik sebagai warga negara dapat mengkaji dan memahami hak, kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga dan warga negara. Berdasarkan hasil observasi bahwa dalam pelaksanaan guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik pasif dan menimbulkan proses belajar yang monoton, kurang menarik dan hanya terpusat pada buku (teks book), hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas I-B SD Negeri No 105300 Suka Makmur dengan jumlah siswa 29 orang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapat kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus pada mata pelajaran PKN. Data hasil belajar siswa pada siklus I 14 orang siswa tuntas berhasil mendapat dibatas KKM 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 34 %, hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 76, nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 100 dan 15 orang siswa belum tuntas mendapat nilai di batas KKM. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM meningkat menjadi 26 orang siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 89 %, nilai terendah pada siklus II 60 dan tertinggi adalah 100 dengan 3 orang siswa yang memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan.

 

kata kunci: metode pembelajaran role playing, hasil belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5987

Article Metrics

Abstract view : 120 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.