MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN OLAHRAGA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI KELAS V-B SD NEGERI NO. 105300 SUKA MAKMUR KEC. DELITUA

Martinus Martinus

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif untuk melihat dampaknya pada aktivitas dan keterampilan psikomotorik siswa pada Bidang Studi Penjaskes. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua dengan jumlah siswa 27 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 27. Hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum  pembelajaran disekolah.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 77 dan 84. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II.

Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  memperagakan (Praktik) (43% ), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (26%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  memperagakan (Praktik) (67% ), bertanya sesama teman (13%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (12%). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya selama KBM membuat siswa sangat senang, sangat antusias. Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri No. 105300 Suka Makmur ini, diantaranya; 1) materi yang dipelajari pada setiap siklus berbeda meskipun pada pokok bahasan yang sama yaitu “Rounders”. Hal ini memungkinkan pemahaman siswa terhadap materi berbeda-beda, mungkin pada siklus I tingkat pemahaman siswa lebih tinggi dari pada siklus II, atau sebaliknya.  Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu kelas yakni kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua karena keterbatasan dana dan waktu, hal ini membatasi kesimpulan akhir hanya berlaku pada kelas subjek tersebut dan perlu pembuktian untuk kelas yang lain.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya, Keterampilan Belaja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5988

Article Metrics

Abstract view : 125 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.