PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS 2 SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR

salam surbakti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas 2 SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan dua pertemuan pembelajaran setiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015.  Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 2 SD Negeri 105300 Suka Makmur tahun pembelajaran 2014/2015 sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan;              (1) Aktivitas belajar tematik siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan perubahan  aktivtas dari Siklus I ke Siklus II antara lain menulis dan membaca turun dari 34% menjadi 33%, mengerjakan LKS naik dari 38% mennjadi 40%, bertanya sesama teman tetap dalam 18%,  bertanya kepada guru naik dari 7% menjadi 8%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) turun dari 4% menjadi 1%; (2) Ketuntasan hasil belajar tematik siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik sebesar 31%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 53,3 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 59% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi  87%.

 

Kata Kunci           : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5989

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.