MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI POKOK PECAHAN DI KELAS V-B SD NEGERI NO. 105300 SUKA MAKMUR KEC. DELITUA

salim ginting

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa yang mencakup aktivitas belajar siswa saat bekerja dalam kelompok dikelas pada mata pelajaran Matematika yang bermuara pada  peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua dengan jumlah siswa 29 orang. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 15,2 hal tersebut menunjukkan bahwa rata-rata siswa jarang membaca buku sebelum  pembelajaran disekolah.  Kemudian dilanjutkan KBM, akhir KBM  ke II dan  KBM ke IV dilakukan  tes hasil belajar  formatif I dan formatif II  hasilnya  masing-masing menunjukkan rata-rata 73,8 dan 82,8. Melihat data tersebut ada perubahan dan perubahan tersebut akibat tindakan guru selama KBM pada siklus II.

Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  membaca (20,5%), bekerja (13,75% ), bertanya sesama teman (3%),   menjawab pertanyaan teman (3%) bertanya kepada guru (4,75%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (5%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  membaca (22,5%), bekerja (44%), bertanya sesama  teman (12,5%), menjawab pertanyaan teman (12,5%) bertanya kepada guru (4,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4%).  Penerapan metode penugasan selama KBM membuat siswa sangat senang, sangat antusias.

Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua ini, diantaranya; 1) materi yang dipelajari pada setiap siklus berbeda meskipun pada pokok bahasan yang sama yaitu “Pecahan”. Hal ini memungkinkan pemahaman siswa terhadap materi berbeda-beda, mungkin pada siklus I tingkat pemahaman siswa lebih tinggi dari pada siklus II, atau sebaliknya.  Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu kelas yakni kelas V-B SD Negeri No. 105300 Suka Makmur Kec. Delitua karena keterbatasan dana dan waktu, hal ini membatasi kesimpulan akhir hanya berlaku pada kelas subjek tersebut dan perlu pembuktian untuk kelas yang lain.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Aktivitas Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5990

Article Metrics

Abstract view : 108 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.