UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR

Soyem Soyem

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa secara individu pada tiap siklus yang diterapkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and picture pada kegiatan belajar mengajar. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah  siswa kelas Kelas VI SD Negeri 105300 Suka Makmur dengan jumlah 29  orang.

Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain menulis/membaca (31%), Mengungkap pendapat (43%), bertanya sesama teman (13%),   bertanya kepada guru (10%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain menulis/membaca (15%), mengungkap pendapat (69%), bertanya sesama teman (10%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (0%).

Hasil belajar siswa dengan  menerapkan Model Pembelajaran Picture and picture mengalami peningkatan.  Hasil Pembelajaran pada siklus I menunjukkan 15 orang  tuntas sebesar 51%. Dengan rata-rata siklus I dan II masing-masing 75 dan  85. Berarti siklus II tuntas sesuai dengan KKM PKn dengan ketuntasan klasikal 98% atau lebih besar dari 86%.

Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka ada beberapa saran yang diajukan yaitu: (1)Diharapkan bagi guru memberikan motivasi kepada peserta didik di awal pertemuan agar meningkatkan aktivitas siswa lebih baik. (2)Pemanfaatan LKS dapat digunakan guru-guru agar siswa termotivasi selama bekerja dalam kelompok. (3)Untuk melaksanakan model pembelajaran picture and picture memerlukan persiapan yang cukup matang, sehingga guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan model picture and picture dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal.

 

Kata Kunci ; Model Picture and Picture, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5992

Article Metrics

Abstract view : 343 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.