PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101883 PASAR XIII TANJUNG MORAWA
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada bahasa Indonesia khususnya dalam menyimak pada materi mengidentifikasi unsur-unsur cerpen yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan metode yang bervariasi. Subjek penelitian ini sebanyak 44 orang siswa kelas VA SD Negeri 101883 Pasar XIII Tanjung Morawa tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan tes dan observasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan tes yang digunakan di awal pembelajaran terdapat 5 orang (11,36%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas 47,72. Pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa sebesar 31,82% dengan rata-rata kelas 62,15. Pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 93,18% dengan rata-rata kelas 78,18. Dapat disimpulkan bahwa metode Discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, model Discovery learning dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci : Hasil belajar, metode pembelajaran discovery learning
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5993
Article Metrics
Abstract view : 1251 timesPDF - 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.