IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI KIMIA SMAN 1 PERCUT SEI TUAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa saat bekerja selama dalam kelompok dengan jumlah siswa 36 orang di kelas XI MIA-3 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Advance OrganizerMerujuk pada ketuntasan bahwa rerata hasil belajar siswa pada Siklus I menunjukkan tuntas sebesar 25% dan Siklus II tuntas sebesar 92%. Melihat data tersebut ada perubahan hasil belajar kognitif akibat tindakan guru selama KBM pada Siklus II. Hasil belajar psikomotorik siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu menggunakan tata bahasa yang tepat menigkat dari 32% - 76%, mengidentifikasi maksud pembicaraan dari 32% - 73%, berbicara secara jelas dan mudah dimengerti dari 33% - 69%, menggunakan pilihan kosakata yang tepat dari 33% - 75% dan intonasi suara sesuai dengan yang disampaikan dari 32% - 71%. Hasil belajar afektif siswa dari siklus I ke siklus II yaitu tanggung jawab meningkat dari 31% - 70%, kejujuran dari 36% - 68%, disiplin dari 36% - 66%, ketelitian dari 33% - 64% dan kerjasama dari 32% - 70% .
Kata kunci : Model Pembelajaran, Advance Organizer, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.5994
Article Metrics
Abstract view : 132 timesPDF - 2 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.