PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 008 LANGGINI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan guru mengajar harus memperhatikan metode pembelajaran. Model pembelajaran yang mengaktifkan siswa adalah pembelajaran kooperatif dengan teknik kancing gemerincing. Tujuan penelitan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yaitu tindakan kelas. Subjeknya siswa kelas IV SDN 008 Langgini, dengan jumlah 23 orang. Data hasil penelitian ini hasil tes dan lembar observasi. Hasil analisis diperoleh persentase siswa tuntas belajar siklus I 78,13% dan siklus II 90,63%. Nilai rata-rata siklus I 74,54 dan siklus II 81,88. Persentase rata-rata pelaksanaan pembelajaran matematika siklus I 81,25% dan siklus II 93,30%. Hasil diperoleh pembelajaran matematika dapat menigkatkan hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif,
Pembelajaran Matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6397
Article Metrics
Abstract view : 282 timesPDF - 236 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.