MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE DI KELAS V SDN 053979 KEPALA SUNGAI

Matsum Matsum

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan  menerapkan model pembelajaran Complete Sentence pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 053979 Kepala Sungai T.A. 2015/2016”. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).  Pada siklus I dari 29 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini,  ada 16 siswa (59,35%) yang memiliki ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (40,75%) belum memiliki  ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I mencapai 68,8. Pada siklus II dari 29 siswa terdapat 27 siswa (92,59%) yang telah mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan 2 orang siswa (7,41%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada siklus II.

Kata Kunci : Bahasa  Indonesia, Model Complete Sentence, Prestasi

                       Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6409

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF - 281 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.