Media Pembelajaran Tubopin (Tutup Botol Pintar) Untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa

Silvia silvi Bella107

Abstract


Keterampilan membaca merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan fakta di lapangan, pemahaman membaca siswa sekolah dasar rendah sehingga mempengaruhi proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti mencoba mengembangkan media Tubopin untuk membantu siswa sekolah dasar mengatasi permasalahan pemahaman bacaan yang mereka alami. Pengembangan media ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi setiap tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas II SDN 060898 yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan media Tubopin masuk dalam kategori sangat efektif dengan perolehan skor sebesar 89,92%. Selain itu, tingkat kepraktisan yang dinilai pada jawaban guru juga masuk dalam kategori sangat valid dengan skor 93,3%. Berdasarkan uji efikasi dan uji lapangan, media Tubopin dinyatakan efektif dan efektif dalam mengatasi kesulitan membaca kelas II SD.

References


Akmalia, R., Ray, A. U. M., Pramudya, A., Azrohid, F., & Tanjung, L. A. (2023). Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 9225–9231. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1727

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran.

Andriana, E., Rokhmanah, S., & Fatmala, N. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA KELAS 4 DI SDN CIBODAS 4 KOTA TANGERANG. 09(5), 1–23.

Antariani, K. M., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594

Arnisyah, S., Syafutri, H. D., & Lastaria, L. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa SD Kelas Rendah di SDN 7 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 60–66. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4491

Astri, A. H. A., & Amalia, D. N. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692

Halimsyah Rambe, A., & Delilah Harahap, N. (2021). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Karakteristik Hidup Hewan Di Kelas Iv Sdn 106814 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 289–294. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.29367

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Hasibuan, E. K., Rambe, N. A., & Saleh, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mts. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1), 61. https://doi.org/10.30821/axiom.v10i1.8532

Hasibuan, F. H. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dan Sikap Siswa Melalui Model Pembelajaran Kontruktivisme (Studi Eksperimen Kuasi Pada Sekolah Dasar). Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 45–65. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i2.927

Ibrahim, A., Haq Alang, A., Madi, Baharuddin, Aswar Ahmad, M., & Darmawati. (2018). METODOLOGI PENELITIAN. In Gunadarma Ilmu.

Khairuddin. (2022). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 405–408.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.

Muthmainnah, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Tutup Botol Di Tk Meulati Mon Pasong Aceh Barat. Jurnal PAUD, V(2), 75–93.

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1). https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.237

Rohmah, S., Astri Sutisnawati, & Luthfi Hamdani Maula. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Tubokas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Sdn Pagelaran. Jurnal Binagogik, 10(2), 145–158. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.531

Sari Lena, M., Nisa, S., Yusma Fitas Taftian, L., & Suciwanisa, R. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Bersatu:Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 207–214. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.437

Siregar, L. N. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga (Garis Bilangan) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2501–2509. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2369

Sit, M., Amallia, H. P., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Media Roda Putar Dengan Kardus Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al- Washliyah Kec. Ujung Padang Kab. Simalungun. Jurnal Raudhah, 9(2). https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1302

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Yusnaldi, E. (2020). Pengaruh Penggunaan E–Learning dan WAG Terhadap Hasil Belajar IPS Di Semester II PGMI FITK UIN Sumatera Utara Medan. Nizhamiyah, X(2), 10–30.




DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i4.65024

Article Metrics

Abstract view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
slot gacor slot