Permasalahan Pemahaman Konsep Matematis Materi Geometri pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pemahaman konsep matematis materi geometri peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu, wawancara semi terstruktur, observasi kelas, dan tes. Hasil penelitian permasalahan pemahaman konsep pada peserta didik menunjukkan bahwa peserta didik kurang memahami soal dengan baik, peserta didik belum bisa menyebutkan macam bangun segiempat, peserta didik masih sulit membedakan luas dan keliling dari suatu bangun, kurangnya semangat dalam belajar, serta metode pembelajaran yang kurang interaktif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pendidik sebagai acuan dalam meningkatkan metode pengajaran pada materi geometri dengan lebih bervariasi dan melibatkan media atau alat peraga yang relevan untuk meningkatkan pemahaman pada peserta didik sekolah dasar terhadap konsep geometri.
Kata kunci: Pemahaman konsep matematis, geometri, media pembelajaran, sekolah dasar.
DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i4.65762
Article Metrics
Abstract view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.