PENGARUH PENERAPAN MODEL INDUCTIVE THINKING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MAHASISWA PGSD

Fahrur Rozi, Septian Prawijaya, Imelda Free Unita Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada sekolah dasar melalui mata kuliah konsep dasar IPA. Hasil dari penelitian ini kiranya dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh perbedaan peningkatan kemampuan kognitif dan keterampilan berfikir kreatif mahasiswa PGSD pada mata kuliah konsep dasar IPA menggunakan model pembelajaran inductive thinking berbasis keterampilan proses sains dengan tanpa berbasis keterampilan proses sains. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen semu. Dalam penelitian ini, subyek penelitian dibagi ke dalam dua kelas, satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol, dimana penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan secara acak.

 

Kata Kunci: Inductive Thinking, Keterampilan Proses Sains, Berfikir

                      Kreatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i2.7267

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 297 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.