UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IA SDN 105292 KEC. PERCUT SEI TUAN

Tiurlan Sinaga

Abstract


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman serta respon siswa kelas Ia semester I SDN  105292 Percut Sei Tuan dalam Penjumlahan dan Pengurangan melalui penerapan strategi pembelajaran media kongret. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif interaktif yang dilakukan dengan 2 siklus. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Ia SDN 105292 Percut Sei Tuan. Sedangkan obyeknya adalah strategi menghitung penjumlahan dan pengurangan dengan benda kongret. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa pada materi ini nilai rata-rata hanya 66,sedangkan pada siklus 2 dengan menerapkan strategi pembelajaran dengan benda kongret meningkat mencapai nilai rata-rata 83 Respon siswa juga meningkat, data hasil observasi terhadap aktivitas guru dari 59,72% pada siklus 1, meningkat pada siklus 2 menjadi  93,06%.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Minat dan Motivasi, Media Konkret


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i2.7279

Article Metrics

Abstract view : 484 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.