MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 107403 CINTA RAKYAT

Khairul Anwar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi dan kegunaannya. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 107404 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015, yang berjumlah 26 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang diakukan peneliti terhadap guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong rendah dengan nilai rata-rata (19,23%), siklus I pertemuan II nilai rata-rata (47,88%). Siklus II pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata (60,00%), sedangkan siklus II pertemuan II nilai rata-rata (88,46%). Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Script dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok energi dan kegunaannya di kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan.  

Kata Kunci : Kreativitas Belajar, Model Cooperative Script


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v3i2.7972

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 212 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.