PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ICARE-K BERKARAKTER UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES IPA MAHASISWA CALON GURU SD

Desi Wulandari, Fitria Dwi Prasetyaningtyas, Sri Hartati

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ICARE-K yang dapat dibekalkan kepada mahasiswa calon guru SD, mengetahui kevalidan pembelajaran ICARE-K yang dikembangkan, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang menampilkan keterampilan proses IPA, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang praktis menumbuhkan karakter dan menampilkan keterampilan proses IPA mahasiswa calon guru SD. Model penelitian pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Hasil akhir menunjukkan bahwa model ICARE-K yang dikembangkan memiliki kriteria valid, efektif, dan praktis.

Kata Kunci: Model ICARE-K, Karakter, Keterampilan Proses IPA


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. p-ISSN : 2407-4934 | e-ISSN : 2355-1747