PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ICARE-K BERKARAKTER UNTUK MEMBEKALI KEMAMPUAN KETERAMPILAN PROSES IPA MAHASISWA CALON GURU SD

Authors

  • Desi Wulandari Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang
  • Fitria Dwi Prasetyaningtyas Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang
  • Sri Hartati Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i3.8169

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran ICARE-K yang dapat dibekalkan kepada mahasiswa calon guru SD, mengetahui kevalidan pembelajaran ICARE-K yang dikembangkan, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang menampilkan keterampilan proses IPA, menghasilkan model pembelajaran ICARE-K yang praktis menumbuhkan karakter dan menampilkan keterampilan proses IPA mahasiswa calon guru SD. Model penelitian pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Hasil akhir menunjukkan bahwa model ICARE-K yang dikembangkan memiliki kriteria valid, efektif, dan praktis.Kata Kunci: Model ICARE-K, Karakter, Keterampilan Proses IPA

Author Biographies

Desi Wulandari, Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Fitria Dwi Prasetyaningtyas, Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Sri Hartati, Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Jurusan PGSD Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2017-12-19